Jam Kerja
Senin - Sabtu, 07:00 - 15:30 WIB
Telepon
085281569659
HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP

Manajemen Keuangan Berantakan? Lakukan 6 cara ini jika ingin sukses menabung!

Pernahkah Anda mempunyai keinginan untuk menabung namun hingga kini belum menyadarinya? Atau Anda bingung ketika uang Anda tiba-tiba habis tanpa tahu kemana perginya?

Jika iya, kini saatnya kita bersama-sama mengubah pola tersebut dan mulai mengatur pengelolaan keuangan Anda agar lebih baik.

Dengan berbagai keinginan dan kebutuhan dalam hidup, tentunya kita juga harus menyisihkan sebagian untuk kebutuhan di masa depan. Namun terkadang kendala untuk mewujudkan hal tersebut adalah kebingungan harus mulai menabung dari mana dan bagaimana mengatur pemasukan dan pengeluaran yang ada.

Baca Juga: Tanamkan Budaya Menabung pada Anak dengan bjb MyFirst
Lantas, bagaimana cara menabung yang benar? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

6 Cara Menabung yang Benar
Berikut beberapa cara menabung seperti dilansir laman Forbes:

1. Tentukan target
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat tujuan tabungan Anda. Misalnya menabung untuk membeli handphone, menabung untuk membeli rumah, menabung untuk liburan, menabung untuk menikah, dan lain sebagainya sehingga memicu semangat dalam diri Anda untuk segera mencapai hal-hal tersebut. Sebaiknya berikan batas waktu kapan tabungan tersebut akan digunakan.

2. Membuat Anggaran
Buatlah anggaran sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki. Anda dapat mempelajari dan mengikuti metode penganggaran keuangan yang tersedia di internet. Pastikan anggaran diprioritaskan untuk kebutuhan primer terlebih dahulu.

3. Lacak Pengeluaran dan Pemasukan
Catat setiap pengeluaran dan pemasukan yang Anda lakukan pada buku atau aplikasi keuangan di smartphone Anda. Kemudian amati bagian mana dari pengeluaran Anda yang tidak terlalu penting dan bisa dipangkas. Misalnya saja dengan membatasi jumlah pengeluaran untuk hiburan dan konsumsi makanan dan minuman di luar.

4. Buat Tabungan Otomatis
Segera alokasikan gaji atau penghasilan Anda pada rekening khusus untuk menabung atau pisahkan tabungan Anda dari uang yang akan Anda keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Melunasi hutang yang ada
Melunasi hutang merupakan salah satu cara untuk merawat kondisi keuangan Anda. Jangan lupa untuk memprioritaskan dan menyisihkan uang untuk melunasi hutang Anda, jika ada. Mulailah dengan utang yang berbunga tinggi agar kondisi keuangan Anda cepat membaik.

6. Mendapatkan Lebih Banyak Sumber Penghasilan
Mulailah memikirkan cara-cara untuk mendapatkan penghasilan, misalnya melalui pekerjaan sampingan, untuk meningkatkan penghasilan Anda. Memiliki banyak sumber pendapatan tentu akan mempercepat dan menghasilkan lebih banyak uang.

Tips Lain yang Bisa Diikuti
Selain cara-cara di atas, ada beberapa tips lain yang mungkin bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Belanja di Tanggal Kembar
Dengan berbelanja di tanggal kembar setiap bulannya, tentunya akan semakin banyak promo diskon, cashback dan gratis ongkos kirim. Oleh karena itu, cocok bagi Anda yang sering berbelanja kebutuhan melalui e-commerce.

2. Menunggu 24 Jam jika Ingin Membeli Sesuatu
Pernahkah Anda merasa tidak stabil apakah akan membeli sesuatu atau tidak? Usahakan untuk menunggu beberapa saat hingga barang yang ingin dibeli. Sambil menunggu, silahkan dipikirkan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya sekedar keinginan. Jika setelah satu hari Anda masih ingin membeli barang tersebut, maka belilah barang tersebut karena Anda sangat membutuhkannya.

3. Menggunakan Celengan Target
Jika Anda termasuk orang yang suka menabung di rumah, maka gantilah celengan Anda dengan celengan target yang nominalnya disesuaikan dengan kemampuan Anda atau total target yang ingin Anda capai. Sebaiknya celengan tersebut tidak memiliki penutup di bawahnya sehingga Anda tidak berniat membuka celengan tersebut sebelum mencapai jumlah yang ditentukan.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa Anda ikuti untuk mulai menabung. Apakah Anda ingin mulai menabung hari ini?

sumber: https://kaltimtoday.co/manajemen-keuangan-berantakan-tidak-6-cara-ini-kalau-kamu-mau-berhasil-menabung